Servis Lumayan Gede Beat…

Alhamdulillah…rupanya selamat juga…lho kenapa…iya karena pas servis pas juga tau masalahnya…ceritanya begini…

Honda Beat yang biasanya menemani ngantor rupanya kok suaranya dah 2 hari ini mulai klotok-klotok dan terasa berat…ya udah kebetulan deket kantor ada bengkel motor sekalian cek sebelum Jum’atan kira-kira sekitar jam sepuluhan deh…

Begitu nyampe kutemuin montir yang kebetulan tahu persis masalah motor matic…katanya ini yang kena mangkok ganda, kampas ganda, rumah roller dan bosch rumah roller, roller… itu yang pertama sebelum dibongkar…ternyata setelah dibongkar vanbeltnya juga kena dah hampir putus…ya sudah sekalian aja diganti baru dan diservis.

Bagian-demi bagian dibongkar dan tentu saja saya temani dan perhatikan…rupanya nih montir enak juga sambil ngebongkar dijelasin juga dan dikasih lihat bagian yang rusak sbb:

  • roler bentuknya dah ga bulat lagi tapi dah setengah lingkaran, sehingga mengakibatkan…
  • bosh roller terkikis, sehingga mengakibatkan…
  • rumah roller tidak dapat berputar secara sempurna sesuai gerakan mesin, yang mengakibatkan…
  • mangkok ganda belakang bekerja agak berat, sehingga…
  • vanbelt menjadi menegang untuk mengimbangi gaya tarik dari depan sehingga mengakibatkan umur vanbelt menjadi lebih pendek dari standar pabrikan (kurang lebih 40.000 km, kebetulan di odomenter telah mengeluarkan angka sekitar 39.821 km). Beat ku keluaran tahun 2009 pertengahan.
  • kemudian saya tanya tentang pemakaian bensin yang dicampur…katanya sih tidak bisa karena secara Berat Jenis saja udah berbeda + rumus kimia + rantai kimianya berbeda pula (ini montir mantep juga nih; secara logika bisa diterima) tentunya yang akan dikeluarkan bensin yang ada dilapisan bawah dulu. Yang disarankan kalau mau ngisi bensin yang dicampur/berbeda (misalnya: premium dengan pertamax) saat posisi bensin ditangki tinggal sedikit agar endapan yang ada (mungkin kotoran yang ada selama proses pembakaran ada dibawah/atau sudah terbakar/keluar).

Berikut dokumentasi yang bisa kudapat selama servis:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Akhirnya yang bikin agak berat adalah waktu mau bayar…widih lumayan lah (kalau kata montir dan kasirnya masih lebih murah dari pada punya Vario om) waduh…

altahira.wordpress.com

Nota Pembayaran

Lho kenapa? Iya, soalnya dirumah juga ada Vario…kemudian saya bertukar pengalaman dan pertanyaan dengan montirnya…untuk meminimalisir permasalahan yang sama alangkah baiknya setiap 5 atau 6 bulan sekali jangan cuma servis berkala saja di bengkel resmi usahakan juga servis CVTnya juga…memang sih lebih mahal ongkosnya tapi kita jadi tahu kondisi jeroan motor apakah masih baik/laik atau tidak.
Oke deh…mungkin saat ini cuma ini yang dapat saya bagi dulu…mungkin lain kali akan adalagi🙂

About Altahira

Apa saja yang dianggap gak penting, ditulis deh

8 responses to “Servis Lumayan Gede Beat…”

  1. IL MOTOR LUBEG says :

    IL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
    PADANG
    HP:085264100020
    Pin bb:29d4b762

    Spare Parts Orisinil Motor Yamaha (YGP)

    COVER ROLLER Y.MIO YGP 5TL-E7623-00 = 24,000
    KIPAS MAGNET Y.MIO/NOUVO YGP 5LW-E2611-00 = 15,000
    KIPAS PULLEY PRIMER Y.MIO/NOUVO YGP 5TL-E7611-00 = 18,000
    PULLEY SEKUNDER Y.MIO YGP 5TL-E7670-00 = 152,000

    KLEP EX Y.CRYPTON-JUPITER (20 MM) YGP 4ST-E2121-00 = 62,000
    KLEP EX Y.MIO-NOUVO/H.PRIMA (20 MM) YGP 5LW-E2121-00 = 59,000
    KLEP IN Y.CRYPTON-JUPITER (23 MM) YGP 4ST-E2111-01 = 38,000

    NOKEN AS Y.MIO/NOUVO YGP 5LW-E2170-10 = 273,000

    PEN PISTON Y.CRYPTON-JUPITER Z/H.C70 YGP 4YS-E1633-00 = 10,000
    PEN PISTON Y.MIO/NOUVO YGP 5MX-E1633-10 = 10,000

    PISTON Y.CRYPTON-VEGA OS:50 49.5MM YGP 4ST-E1636-01 = 48,000
    PISTON Y.JUPITER Z OS:50 YGP 3SO-E1636-00 = 52,000
    PISTON Y.JUPITER Z STD 51MM YGP 3SO-E1631-00-A0 = 52,000
    PISTON Y.MIO/NOUVO STD 50MM YGP 5MX-E1631-00 = 63,000

    PLATUK KLEP Y.CRYPTON-MIO YGP 22F/2P2-E2151-00 >= 90.000
    PLATUK KLEP Y.CRYPTON-MIO YGP RACING IMPOR 50M-12151-00 >= 95.000

    RANTAI MESIN Y.CRYPTON/VEGA YGP 94568-63084 = 34,000
    RANTAI MESIN Y.MIO/NOUVO YGP 94568-B3090 = 64,000

    RING PISTON Y.CRYPTON-VEGA OS:50 YGP 5LM-E1605-00 = 71,000
    RING PISTON Y.CRYPTON-VEGA STD YGP 5LM-E1603-00 = 71,000
    RING PISTON Y.JUPITER Z OS:50 YGP 5TP-E1605-00 = 65,000
    RING PISTON Y.MIO/NOUVO STD YGP 5MX-E1603-00 = 77,000

    STANG PISTON KIT Y.MIO YGP 5TL-E1650-00 = 189,000

    BATOK BLKG Y.MIO YGP 5TL-F6145-00 = 24,000
    BATOK BLKG Y.SOUL YGP 14D-F6145-00 = 27,000
    BATOK DEPAN Y.MIO BIRU MUDA YGP 5TL-F6143-00-P3 = 43,000
    BATOK DEPAN Y.MIO BIRU YGP 5TL-F6143-00-P1 = 41,000
    BATOK DEPAN Y.MIO NEW HITAM YGP 28D-F6143-00-P1 = 55,000
    BATOK DEPAN Y.MIO PUTIH YGP 5TL-F6143-00-GE = 43,000
    BATOK DEPAN Y.SOUL HITAM YGP 14D-F6143-00-P0 = 55,000

    BORDES/LANTAI Y.MIO YGP 5TL-F7481-00 = 62,000

    COVER BODY L Y.MIO MAROON YGP 5TL-F1721-00-P4 = 68,000
    COVER BODY R Y.MIO MAROON YGP 5TL-F1731-00-P4 = 73,000
    COVER BODY SET Y.MIO BIRU YGP 5TL-WF170-00-P1 = 128,000

    COVER DEK BAWAH Y.MIO BIRU YGP 5TL-F8385-20 = 40,000
    COVER DEK BAWAH Y.MIO HITAM YGP 5TL-F8385-00 >= SOLD
    COVER DEK BAWAH Y.MIO MERAH YGP 5TL-F8385-30 = 40,000
    COVER DEK BAWAH Y.MIO PUTIH YGP 5TL-F8385-60 = 40,000

    SIRIP HIU Y.MIO BIRU YGP 5TL-F1552-20 >= SOLD
    SIRIP HIU Y.MIO HITAM YGP 5TL-F1552-00 = 44,000
    SIRIP HIU Y.MIO MERAH YGP 5TL-F1552-30 = 44,000
    SIRIP HIU Y.MIO PUTIH YGP 5TL-F1552-40 = 44,000

    SPAKBOR BLKG Y.MIO YGP 5TL-F1611-00 = 41,000
    SPAKBOR BLKG Y.MX YGP 1S7-F1611-00 = 56,000

    SPAKBOR DEPAN Y.MIO HITAM YGP 5TL-F1511-00-33 = 71,000
    SPAKBOR DEPAN Y.MIO MAROON YGP 5TL-F1511-00-P4 = 71,000

    TAMENG Y.MX HITAM YGP 1S7-F3391-00-33 = 98,000

    TEBENG BLKG Y.MIO YGP 5TL-F8312-00 = 47,000

    BUSA FILTER UDARA Y.MIO YGP 5TL-E4450-00 >= 35,000
    BUSA FILTER UDARA Y.SOUL YGP 14D-WE445-00 >= 35,000

    KABEL GAS Y.MIO YGP 5TL-F6311-00 >= 45,000
    KABEL GAS Y.MX YGP 1S7-F6301-00 = 43,000
    KABEL KM Y.MIO YGP 5TL-H3550-00 >= 25,000
    KABEL KOPLING Y.F1ZR YGP 4WH-F6335-10 = 27,000

    BLOK SILINDER Y.MIO/NOUVO YGP 5LW-E1310-00 = 228,000

    KLEP EX Y.CRYPTON-JUPITER (20 MM) YGP 4ST-E2121-00 = 72,000
    KLEP EX Y.MIO-NOUVO/H.PRIMA (20 MM) YGP 5LW-E2121-00 = 69,000
    KLEP IN Y.CRYPTON-JUPITER (23 MM) YGP 4ST-E2111-01 = 48,000

    NOKEN AS Y.MIO/NOUVO YGP 5LW-E2170-10 = 273,000

    PEN PISTON Y.CRYPTON-JUPITER Z/H.C70 YGP 4YS-E1633-00 = 10,000
    PEN PISTON Y.MIO/NOUVO YGP 5MX-E1633-10 = 15,000

    PISTON Y.CRYPTON-VEGA OS:50 49.5MM YGP 4ST-E1636-01 = 48,000
    PISTON Y.JUPITER Z OS:50 YGP 3SO-E1636-00 = 52,000
    PISTON Y.JUPITER Z STD 51MM YGP 3SO-E1631-00-A0 = 52,000
    PISTON Y.MIO/NOUVO STD 50MM YGP 5MX-E1631-00 = 63,000

    PLATUK KLEP Y.CRYPTON-MIO YGP 22F/2P2-E2151-00 >=90.000
    PLATUK KLEP Y.CRYPTON-MIO YGP RACING IMPOR 50M-12151-00 >= 90,000

    RANTAI MESIN Y.CRYPTON/VEGA YGP 94568-63084 = 24,000
    RANTAI MESIN Y.MIO/NOUVO YGP 94568-B3090 = 64,000

    RING PISTON Y.CRYPTON-VEGA OS:50 YGP 5LM-E1605-00 = 71,000
    RING PISTON Y.CRYPTON-VEGA STD YGP 5LM-E1603-00 = 71,000
    RING PISTON Y.JUPITER Z OS:50 YGP 5TP-E1605-00 = 65,000
    RING PISTON Y.MIO/NOUVO STD YGP 5MX-E1603-00 = 77,000

    STANG PISTON KIT Y.MIO YGP 5TL-E1650-00 = 189,000

    KIPAS MAGNET Y.MIO/NOUVO YGP 5LW-E2611-00 = 15,000
    KIPAS PULLEY PRIMER Y.MIO/NOUVO YGP 5TL-E7611-00 = 18,000
    PULLEY SEKUNDER Y.MIO YGP 5TL-E7670-00 = 162,000

    BOSH RUMAH ROLLER (COLLAR) Y.MIO/NOUVO YGP 90387-16009 >= 113.000
    DUDUKAN PER CVT Y.MIO YGP 5TL-E7684-00 >= 45.000
    GREASE Y.MIO/NOUVO YGP 90793-AJ802-00 >= 15.000
    ROLLER Y.MIO YGP 5LW-17632-00 >= 13.000
    RUMAH ROLLER Y.MIO/NOUVO YGP 5LW-E7620-00 >=
    V-BELT Y.MIO/NOUVO YGP 5TL-E7641-00 >= 85.000

    SIL KLEP Y.CRYPTON-JUPITER YGP 5ER-E2119-00 >= SOLD
    SIL KLEP Y.MIO/S.SMASH YGP 5MX-E2119-00 = 20,000
    SIL MAGNET Y.MIO (SD 19-30-5) YGP 93102-19800 = 10,000
    SIL O-RING PULLEY SEKUNDER Y.MIO/NOUVO YGP 5TL-E7465-10 >= 25.000
    SIL PULLEY SEKUNDER Y.MIO/NOUVO (34-39-3) YGP 5TL-E7465-00 >= 25.000
    SIL RUMAH ROLLER Y.MIO (20.5-28-4) YGP 93101-21803 = 25,000

    TABUNG SHOCK Y.MIO KANAN YGP 5TL-F3136-00 = 114,000
    PER SHOCK DEPAN Y.ALFA YGP 2JG-F3141-00 =
    PER SHOCK DEPAN Y.MIO YGP 5TL-F3141-00 >=
    SHOCK Y.JUPITER SET YGP 5TP-F2210-00 >=
    SHOCK Y.MIO YGP 14D-F2210-00 >=

    JARI-JARI Y.MIO DEPAN YGP 5TL-F5104-00 = 25,000
    VELG 140-14 DID YGP 94414-14801 = 85,000
    VELG 160-14 DID YGP 94416-14801 = 85,000

    BOSH STANDAR Y.MIO/NOUVO YGP 5MX-F7114-00 >=
    TUTUP OLI Y.MIO/NOUVO ATAS CKD = 8,000
    TUTUP OLI Y.MIO/NOUVO BAWAH YGP 5LW-E5351-00 >=

    KHUSUS BAN FDR DISKON HARGA 10%

  2. fadli says :

    bengkel ny d jalan ap tuh mas?? soalny d bengkel resmi pun gk bgus..

  3. haendra says :

    mahal bener,ane beli vanbelt set (vanbelt+roller) 100 ribu pas (surabaya),nggak tahu wilayah lain hehehe,mangkoknya sekitar 70 ribuan,

  4. ghian says :

    terima kasih atas informasinya, kebetulan beat saya juga sudah mulai mengalami kendala bunyi klotok-klotok,

    bagaimana ya dengan tips yang di publish dari web berikut
    http://motorplus.otomotifnet.com/read/2010/10/18/13291/207/27/CVT-Honda-Beat-Bunyi-Klotok-Klotok-Ini-Obatnya

    • Altahira says :

      Sy dah bc artikel tsb sbelumnya…cm masalahnya bkn di karetnya melainkan ada di roller bagian depan (peyang), roller bagian belakang (peyang), mangkok + mangkok ganda (tidak rata krn terkena gesekan roller). Mudah-mudahan karetnya yg kena ya.

        Altahira Inu Windradi inu_alta@yahoo.co.id https://altahira.wordpress.com/ Tidak akan dicari & marah jika seseorang kehilangan penyakit.

      ________________________________

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: