Menggalakkan Uji Emisi Kendaraan

Okey, Pemda DKI telah berencana untuk membuat Kota Jakarta menjadi hijau. Langkah-langkah yang telah dilakukan adalah dengan Gerakan menanam seribu pohon, perluasan jalur hijau, dan pembuatan ruang terbuka publik (mungkin bisa berupa taman, setu/situ, atau gabungan keduanya).

Nah, yang untuk uji emisi kendaraan saat ini masih dirasa kurang, mungkin salah satunya karena promo yang kurang greget, sanksi yang bisa dicingcai, dan mungkin ini, apa sih yang didapat bagi pemilik kendaraan bermotor?

Kalau cuma bebas parkir, saya pikir itu masalah kecil wong mungkin penghasilan mereka itu berlebih jadi tidak masalah. Coba lihat dijalanan Jakarta sekarang ini sudah agak susah melihat kendaraan dengan masa pakai dibawah 10 tahun (mungkin dibawah tahun produksi 1999).

Saya berpikiran cara untuk lebih efektifnya eji emisi kendaraan adalah sebagai berikut:

1. Penurunan Pajak

  • Maksudnya: kendaraan yang telah lulus uji emisi mendapatkan potongan/penurunan pajak per tahunnya, sedangkan bagi pemiliknya juga mendapatkan keringanan pajak. Tak tahulah bentuknya bagaimana itu urusannya Samsat/kantor pajak.

2. Tanda lulus uji emisi

  • Maksudnya: kendaraan yang telah lulus uji emisi selain ditempel striker juga diberi tanda di STNKnya juga mendapatkan kartu multiguna (mungkin bisa sebagai kartu debit/kartu diskon/kartu asuransi, dll.) , bahwa kendaraan ini lulus. Kemudian dengan system online akan teregister di Samsat/Kantor Pajak/Bank. Teknisnya monggo dipikirkan…

3.Potongan harga

  • Maksudnya: setiap pemilik/pengguna kendaraan yang melintas di jalan tol mendapatkan potongan harga, misal Rp 1.000,-/Rp 2.000,-, dst.
  • Potongan harga di setiap SPBU, dst.

4.Hadiah

  • Setiap bulan/2 bulan/3 bulan/6 bulan/12 bulan, diadakan quiz/hadiah bagi siapa yang kendaraannya lulus uji emisi, saya pikir cara ini paling efektif. Zaman sekarang mana ada orang yang nolak hadiah gitu loh…

Semoga Jakarta menjadi green…

Monggo silaken dipikirkan…

About Altahira

Apa saja yang dianggap gak penting, ditulis deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: