Hikmah dari Seorang Penjual Mi Dogdog

Semalam tidak seperti malam-malam sebelumnya, kuberhentikan penjual Mi dogdog yang biasa lewat depan rumah kami. Kami memang sekian lama tidak membeli selepas akhir Ramadhan 1430 H yang lalu karena kelelahan dan kesibukan kami.

Jika lewat mungkin kami belum pulang atau juga jika lewat kami sudah terbuai dalam dekapan mimpi kami, dalam kehangatan selimut kami, dan dalam keheningan kami.

Seperti biasa, kesukaan kami kwetiaw goring dengan rasa pedas yang sedang.

Saya, sambil menunggu mengobrol dengan Penjualnya.

Ternyata, menurut pengakuannya adalah seorang lulusan S1 dari universitas ternama dan dari Pesantren Tebu Ireng dan yang bikinku takjub adalah Beliau sudah 19 kali ganti pekerjaan yang formal (kantoran) sekarang, katanya,”Bekerja di Tabloid Megaswara”. Aku terpukaw bukan karena banyaknya pekerjaan yang sudah dilakoninya, tapi semangat hidupnya dan prinsipnya ngapin malu dorong-dorong gerobak.

Saya ini,”Jualan beginian hanya untuk menyalurkan hobi saya, sudah ada istri, anak, rezeki cukuplah. Sayapun jualan tidak harus habis, jika sudah cukup ya pulanglah saya”.

Selama ini teman-teman saya selalu pinginnya jadi pegawai, di kantoran enak. Anggapan itu tidak sepenuhnya keliru. Namun perlu diluruskan, ceritanya begini: yang membedakan kan hanyalah sebutannya, wah Si A itu jadi anu, Si B itu jadi Anu, dst., dst. Masalah penghasilan bisa diadu.

Dalam berusaha itu kepuasan batin dan enjoying yang jadi ukuran, masalah pendapatan itu relative ukurannya. Masing-masing orang kebutuhannya berbeda, memang kalau melihat orang-orang yang kaya dihati ada rasa iri rasanya kita ga mau mereka yang kaya, kita saja yang kaya, bisa bahayakan…

Rupanya kwetiaw pesanan kami sudah selesai, maka berakhir pula obrolan kami.
Terima kasih pak, ada secercah semangat yang timbul dalam hatiku.

Silakan direnungkan…
(mohon maaf jika penulisan kembali ini kurang sesuai dengan penuturan Beliau karena keterbatasan ruang dan waktu)

About Altahira

Apa saja yang dianggap gak penting, ditulis deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: